Jumat, 30 November 2012

Tentang Diriku


Hey kawan!! terimakasih ya udah mau liat blog aku..
perkenalkan. Namaku MUHAMMAD HARMADITYA NOVIANTORO. maunya sih dipanggil  Ian, tapi dulu waktu SMA dipangil yanto, karena di SMA yang namanya Ian banyak, jadi ya dipanggil yanto. Aku dilahirkan di Yogyakarta, 13 November 2012 dan aku anak pertama dari 3 bersaudara

Oh iya.... cita-cita!!! wah kalo yang ini seru nih,  jadi waktu SD (ko tknya ga?) soalnya aku lupa tk aku pingin jadi apa ya.. jadi SD aja okee?? Jadi waktu SD aku pingin banget jadi ARSITEK soalnya aku suka menggambar banggunan-banggunan yang unik.. trus SMP aku pingin jadi ILMUWAN soalnya ilmuwan keren banget...pinter lagi.. tapi pas SMA berhubung otaknya kemungkinan kaga sampe buat jadi ilmuwan jadi berakhir pas kelas 10 SMA pas masih baru-baru.. Nah... PAS SMA aku pengin jadi seorang HAKIM, karena aku memiliki keingginan untuk menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang bersih dari tindak pidana korupsi.(amiiiiinnnn). Kemudian waktu kelas 12 SMA cita-citaku berubah lagi, aku ingin menjadi seorang AKUNTAN. Karena seorang Akuntan memiliki peluang kerja yang lebih cepat dibandingkan untuk menjadi seorang Hakim.

Oh iya.... Hobi!!! Hobi yang aku itu Traveling. nah, negara yang pengin aku kunjungi sebagai tujuan traveling aku itu 1. JEPANG soalnya di Jepang aku suka semangat kerja orang-orangnya.. 2. PALESTINA aku pingin liat orang Palestina.. sambil belajar Al-Qur’an gitu..3. MESIR soalnya lumayan kan deket sama Palestina.. sekalian mau liat paramid, 4. ARAB soalnya aku pingin umroh, trus seru aja deh kayanya di arab.. 5! CHINA soalnya China sama Jepang itu berasa satu paket.. jepang makanannya china minumannya kalo cuma ada makanan kan aus jadi perlu minuman terus sekalian liat tembok besar china..

Tapi itu mimpi.. sekarang belajar BAHASA INGGRIS dulu.. biar bisa ngomong sama orang sana..  ntar cuma bisa bilang “yes” sama “no” doang kalo orang nanya.. nah, aku pingin belajar bahasa INGGRIS, JEPANG, ARAB, karena ketiga bahasa tersebut merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di  dunia Internasional do'akan yaaa teman teman sekalian.. jadi setiap baca blog ini sambil doain aku.. hehehe..

Ngomong-ngomong bahasa inggris.. aku sebenernya BENCI sama BAHASA INGGRIS.. dari SD.. soalnya nilai aku jelek mulu sih.. dapet 70 aja nangis 7 hari.. (ngebul bangt )bener tapi seneng banget kalo dapet 7.. tapi ya.. harus melihat orang Jepang.. "BELUM MERASA SENANG SEBELUM MENDAPATKAN NILAI YANG SEMPURNA"  jadi aku harus berusaha suka kalo ga bisa bahasa inggris entar waktu  ke luar negri bengong..

Senin, 26 November 2012

Pengertian Frenchising/waralaba



Pengertian Frenchising/waralaba
Frenchise adalah sistem pemasaran barang, jasa, dan teknologi yang didasarkan pada kerja sama tertutup dan terus menerus antara pelaku ekonomi yang independent (maksudnya franchisor dan individual franchisee) dan terpisah baik secara legal (hukum) dan keuangan, dimana franchisor memberikan hak pada individual franchisee, dan membebankan kewajiban untuk melaksanakan bisnisnya sesuai dengan konsep dari franchisor.” European Code of Ethics for Franchising
Frenchising Asing

Definisi Frenchising Asing
Menurut International Franchise Association (IFA) franchise sebagai hubungan kontraktual antara franchisor dengan franchise, dimana franchisor berkewajiban menjaga kepentingan secara kontinyu pada bidang usaha yang dijalankan oleh franchisee misalnya lewat pelatihan, di bawah merek dagang yang sama, format dan standar operasional atau kontrol pemilik (franchisor), dimana franchisee menamankan investasi pada usaha tersebut dari sumber dananya sendiri.

Franchising asing, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi. Inilah sejarah singkat dari franchising asing :
Waralaba saat ini lebih didominasi oleh waralaba rumah makan siap saji. Kecenderungan ini dimulai pada tahun 1919 ketika A&W Root Beer membuka restauran cepat sajinya. Pada tahun 1935, Howard Deering Johnson bekerjasama dengan Reginald Sprague untuk memonopoli usaha restauran modern. Gagasan mereka adalah membiarkan rekanan mereka untuk mandiri menggunakan nama yang sama, makanan, persediaan, logo dan bahkan membangun desain sebagai pertukaran dengan suatu pembayaran. Dalam perkembangannya, sistem bisnis ini mengalami berbagai penyempurnaan terutama di tahun l950-an yang kemudian dikenal menjadi waralaba sebagai format bisnis (business format) atau sering pula disebut sebagai waralaba generasi kedua.Perkembangan sistem waralaba yang demikian pesat terutama di negara asalnya, AS, menyebabkan waralaba digemari sebagai suatu sistem bisnis diberbagai bidang usaha, mencapai 35 persen dari keseluruhan usaha ritel yang ada di AS.

Sedangkan di Inggris, berkembangnya waralaba dirintis oleh J. Lyons melalui usahanya Wimpy and Golden Egg, pada tahun 60-an. Bisnis waralaba tidak mengenal diskriminasi. Pemilik waralaba (franchisor) dalam menyeleksi calon mitra usahanya berpedoman pada keuntungan bersama, tidak berdasarkan SARA. Waralaba asing semakin banyak yang melirik Indonesia. Tetapi kalau dicermati, sebagai negara sebesar ini, waralaba asing di Indonesia masih lebih sedikit dibandingkan franchise asing di negara-negara lain. Tetapi franchise lokal kita sudah cukup banyak berkembang.

Contoh-contoh Frenchising Asing
1.      Fast Food: KFC, Texas Fried Chicken, Mc. Donald, A & W, Wendyis, H
2.      Restauran/café/bar: Red Lobster, Panderosa, Sizzler, Hong Bin Lao, Black Angus, Fashion Café, Hard Rock
3.      Pizza/es krim/Youghurt/donut: Pizza Hut, Round table pizza, Jolli Bee, Baskin, Robins, Dunkin Donuts, Swensens, Yogen Fruzz
4.      Soft drink : Green spot, Coca Cola, Pepsi Cola, Gatorade
Keuntungan dan Kelemahan Frenchising Asing
Keuntungan berbisnis franchise antara lain :
1.      Learning Curve yang singkat sehingga anda tidak perlu mengalami jatuh bangun atau kegagalan yang sudah dialami oleh pemberi bisnis franchise
2.      Mengunakan jaringan nama yang sudah terkenal, sehingga memudahkan anda dalam memasarkan produk yang anda pasarkan tanpa memperkenalkan lagi
3.      Mendapatkan bantuan memulai usaha, memulai usaha tentu banyak kendala dibandingkan melanjutkan bisnis yang sudah berjalan dan sebagai pembeli franchise kita sangat mengharapkan bantuan saat memulai dari si pemberi bisnis franchise yang telah kita beli
4.      Jaminan supplai dan dukungan usaha lain, dengan membeli franchise berarti Anda mengharapkan dukungan dari franchisor anda, untuk produk anda akan selalu dijamin kontinyu dalam suplainya disamping dukungan dalam pemasaran, dukungan dalam training karyawan dsb
5.      Kekuatan dalam kegiatan promosi yang efisien, kelebihan dalam bisnis bersama adalah efisiensi dalam promosi secara nasional
Bisnis franchise tidak hanya memberikan keuntungan tetapi ada pula sisi yang merugikan dalam berbisnis franchise antara lain :
1.      Bisnis franchise mungkin usaha yang dimiliki sendiri tetapi segala hal kebijakan masih diatur oleh si franchisor mungkin saja kita memiliki banyak ide untuk memajukan usaha tetapi tidak semudah itu dalam menerapkan kebijakan yang telah dibuat oleh si franchisor
2.      Untuk memiliki sistem yang baku ,perlu adanya proses yang lebih birokrasi sebagai contoh jika anda ingin menambah barang dagangan kita tidak boleh semaunya tentunya kita perlu ijin kepada si franchisornyaapakah kita diberikan ijin untuk bisa kita menambah barang dagangan atau tidak.

Manfaat Frenchising Asing
Manfaat Franchising Asing antara lain:
1.      Usaha waralaba asing di Indonesia pasti memberikan wawasan kepada pengusaha di Indonesia mengenai business model yang berwacana global. Edukasi yang sangat baik bagi wawasan bisnis lokal kita.
2.      Franchise asing yang sistem bisnisnya sudah lebih siap, akan memberikan tingkat kesuksesan yang lebih tinggi dan dampaknya akan memberikan perputaran penjualan (tentunya ekonomi) yang lebih baik buat perputaran ekonomi di Indonesia.
3.      Dampak terhadap penyerapan tenaga kerja juga akan jauh lebih maju.
4.      Dampak pembelajaran terhadap teknis industri juga sangat baik untuk diteruskan pada kegiatan alih teknologi.
5.      Dampak terhadap perdagangan kepada para suplier lokal akan lebih memberikan gairah lagi, yang nantinya membuat para suplier menjadi suplier berkelas global internasional. Bayangkan reputasi suplier lokal yang mempunyai track record sukses bekerjasama dengan merek internasional.
6.      Maraknya franchise asing atau usaha multinational di Indonesia memberikan kesan bahwa negara Indonesia merupakan bagian dari negara maju. Hal ini akan meninggalkan kesan bahwa Indonesia adalah negara terkebelakang. Dan semakin banyak merek asing di Indonesia (ingat!: bahwa pemilik bisnisnya disini bukan orang asing, tetapi tetap orang lokal), akan memberikan kepercayaan bagi para investor asing untuk menanamkan modal di Indonesia. Dampaknya adalah kemajuan ekonomi Indonesia.
Kiat-kiat Untuk Mempertahankan Frenchising Asing
Tidak sedikit investor yang sudah menjalankan bisnis waralaba, tetapi tidak tahu cara mempertahankannya. Sebagian merugi karena tak menguasai cara memenuhi harapan pelanggan. Berikut adalah beberapa upaya yang dapat membantu Anda mempertahankan bisnis waralaba Anda.
Pastikan Anda memiliki cukup uang untuk investasi.
Tak hanya uang investasi, Anda juga memerlukan dana cukup sebagai cadangan jika Anda harus mengalami rugi. Dana tersebut juga termasuk dana cadangan hidup Anda sendiri selama 12 bulan ke depan.
 Taati dan patuhi seluruh sistem waralaba dari pewaralaba.
Pewaralaba adalah orang yang mengerti dan berpengalaman di bisnisnya. Mereka lebih paham dan telah jatuh bangun hingga mencapai kesuksesannya sekarang.
 
Jangan abaikan keluarga dan teman-teman Anda.
Walau Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk menjalankan bisnis tersebut, tapi tetap sisihkan waktu untuk keluarga dan teman-teman Anda.

Perlakukan pelanggan dengan layanan terbaik.
Jangan lupa senyum dalam melayani mereka, dan beri tahu mereka bahwa Anda senang berbisnis dengan mereka.

Libatkan diri dalam komunitas lokal setempat.
Ikuti dan sponsori kegiatan-kegiatan lokal di sekitar gerai Anda, seperti kegiatan sosial, perayaan, acara sekolah, dll.

Selalu berkomunikasi dengan pewaralaba dan terwaralaba lain.
Jagalah hubungan baik dengan mereka, dan jika ada masalah jangan disimpan sendiri saja. Sebaliknya, seorang pewaralaba juga selayaknya bersikap terbuka terhadap perkembangan gerai Anda. Ada baiknya jika Anda banyak bertanya dan menyampaikan keluhan atau kesenangan yang diperoleh dari menjalankan waralaba. Pewaralaba akan dengan senang hati menerima masukan dan membantu menyelesaikan masalah Anda.

Perhatikan detail gerai Anda.
Masalah pembukuan harus cermat dan teliti, tidak boleh ada selisih uang walau hanya beberapa ratus rupiah. Tegaskan hal ini pada karyawan Anda. Uang sekecil apapun harus tercatat dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Tekan biaya pengeluaran, dan maksimalkan pendapatan Anda
Sumber refrensi:
http://ipo.lab.uii.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=44&Itemid=1
http://www.konsultanwaralaba.com/bisnis-franchise-untung-dan-rugi-membeli-bisnis-franchise/
http://www.konsultanwaralaba.com/waralaba-asing-bisnis-waralaba-indonesia/
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/180-waralaba/16806-kunci-sukses-menjalankan-waralaba.html
http://hostforplus.blogspot.com/2011/05/manfaat-franchise-waralaba.html

Kamis, 15 November 2012

Alasan Memilih Akuntansi Universitas Gunadarma


Alasan saya memilih jurusan Akuntansi Universitas Gunadarma karena Universitas Gunadarma merupakan Perguruan Tinggi Swasta terbaik versi 4ICU dan Webometrics. Walaupun saya sudah diterima di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, tetapi jurusan yang saya dapatkan setelah saya pikir-pikir jurusan tersebut memiliki peluang kerja yang kecil.

Kemudian kenapa saya memilih jurusan Akuntansi Universitas Gunadarma dikarenakan jurusan Akuntansi memiliki kesempatan yang luas untuk diterima bekerja di perusahaan seperti: perusahaan pabrikasi, jasa, atau perdagangan, kemudian memiliki peluang untuk menjadi akuntan serta membuka kantor sendiri seperti kantor Akuntan Publik, Kantor Konsultan Manajemen, IT Auditor, dan Kantor Konsultan Pajak.

Kemudian Universitas Gunadarma merupakan salah satu Universitas di Indonesia yang berbasis Teknologi Informasi (IT) yang sangat bermanfaat pada era-globalisasi seperti saat ini. Penerapan Teknologi Informasi sangat penting dalam beberapa bidang khususnya dalam bidang bisnis, perbankan, perusahaan seperti:

Penerapan Teknologi Informasi di bidang Bisnis
Teknologi Informasi juga bermanfaat dalam bidang bisnis, sudah banyak yang sukses karena teknologi informasi. Anda tahu dan mengenal Bill Gates (pendiri Microsoft) atau Mark Zuckerberg (pencipta jejaring sosial seperti facebook), mereka adalah salah satu contoh orang yang sukses karena memanfaatkan teknologi informasi. Pendapatan mereka ditaksir lebih dari $17,55 miliar, sekarang bisnis menggunakan TIK itu sangat menguntungkan hanya dengan menggunakan teknologi seperti internet, anda dapat mempromosikan bisnis anda secara online (E-commerce) dengan cakupan dunia.

Penerapan Teknoligi Informasi di bidang Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening bisa dilakukan secara online dan mempercepat transaksi keuangan anda
.
Penerapan Teknologi Informasi di bidang Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan. 

Dari alasan yang telah saya sebutkan sebelumnya saya memantapkan diri untuk melanjutkan studi saya di Akuntansi Universitas Gunadarma